Click here to try the new version of 1x that is currently under development (beta)
Make your own stunning HD portfolio. It's free.
Sign up
Select how you want to sign up
Using e-mail and password
Using Facebook
I have an account and want to login
New to 1x? Create an account for free here
Forgot your password? Click here
Close
 
Discoffeery, Kopi Hijau 100% AsliMalaysiaJoined 2017

Discoffeery, Kopi Hijau 100% Asli aku kudu meluruskan pernah bahwa aku cuma tukang seduh dan bukan barista. Bahwa aku sebenarnya tak pernah memberi tambahan gula kepada kopi-kopi seduh manual atau sama sekali espresso yang aku minum tidak dan terhitung merta menjadi acuan bahwa itu adalah patokan baku perihal minum kopi yang benar. Minum kopi sejatinya adalah selera dan pilihan spesial masing-masing orang yang meneguknya. Jika seseorang lebih menyukai kopi instan atau kopi gosong yang dicampur pemanis buatan, ya itu urusan mereka dan perutnya.

Namun kalau kita berbicara perihal gagasan kopi spesialti, khususnya kalau melihat menjadi hari orang pun menjadi melek pada pengetahuan kopi, maka urusan yang sanggup saja sesepele memberi tambahan gula ke minuman kopi di sini bukan berarti menjadi dan terhitung merta menghakimi selera minum orang lain. Tolonglah. Kopi spesialti—kami pernah menyinggungnya di sini—merupakan sebuah wilayah saintifik bersama dengan beraneka penjelasan rasional pada masing-masing komponennya. Mengapa topik ini menjadi pembahasan yang kontroversial hingga tepat ini?

Tentang kopi spesialti

Kopi, khususnya kopi-kopi spesialti, pada dasarnya tidak dibuat dalam hitungan menit tetapi jauh sebelum bakal sanggup sanggup sanggup itu. Kopi yang Anda nikmati bersama dengan penuh jenis di kedai-kedai kopi keren di kota besar sebenarnya dihasilkan dan dikerjakan selama berhari-hari, berbulan-bulan khususnya bertahun-tahun bersama dengan kerja keras. Apalagi kalau konsepnya adalah kopi spesialti.

Dalam rantai kopi spesialti, masing-masing komponen dan anggota yang terlibat di dalamnya amat fokus untuk mengeluarkan semua cii-ciri paling baik berasal berasal berasal dari biji kopi itu menjadi berasal berasal berasal dari cita rasa, aroma dan khususnya rasa-rasa yang selamanya tertinggal di lidah bernama aftertaste setelah Anda memakai tegukan terakhir. Setiap biji kopi pasti tidak sama, masing-masing mempunyai ciri khas dan keunikannya tersendiri yang menjadikan kopi itu tidak sama dan spesial.

Keunikan masing-masing kopi ini dihasilkan oleh beraneka faktor, diantaranya seperti varietal atau jenis kopi, situasi tanah di mana kopi itu ditanam, ketinggian tanamnya, penggunaan pupuk (entah organik atau tidak), proses pengolahan kopi, dan seterusnya. Selanjutnya, kopi-kopi mentah (green bean) ini sanggup disangrai oleh seorang roaster di mana mereka sanggup melakukan lebih berasal dari satu kali uji coba sebelum bakal sanggup sanggup sanggup beroleh profil roasting yang tepat—yang sanggup mengeluarkan semua cii-ciri paling baik berasal berasal berasal dari masing-masing jenis kopi. Fase berikutnya, pemilik kedai kopi, atau umumnya kepala barista, kudu menciptakan semacam ‘resep’ yang sanggup membuat cii-ciri paling baik berasal berasal berasal dari kopi tadi menjadi tegas dan sanggup dinikmati bersama dengan jelas.

Menambahkan gula kepada kopi yang sudah diusahakan bersama dengan kerja keras ini, bukan cuma membuat kopi menjadi lebih manis. Tapi terhitung menenggelamkan kompleksitas arahan rasa seperti notes atau hint yang berupa halus dan sanggup saja saja terdapat di dalam kopi itu. Dengan kata lain, gula menjadi membuat rusaknya keseimbangan rasa yang sudah ada kasus payah dikeluarkan sejak fase awal tadi.

Di kacamata seorang barista (spesialti), kopi itu adalah sebuah kesempurnaan. Ketika Anda memberi tambahan gula ke dalamnya, maka itu bukan ulang minuman yang sama.

Jangan ada gula di pada kita.

Lalu bagaimana solusinya?

Kopi bukan minuman yang otoriter. Jika Anda tidak (atau belum) sanggup mentolerir rasa pahit pada kopi, minuman ini masih selamanya mempunyai banyak menu dan varian yang sanggup dipilih sesuai bersama dengan kapasitas lidah Anda. Jika tidak tahan pahit, maka jangan pilih espresso. Sebaiknya pilih menu-menu berbasis espresso yang ditambahkan susu sebagai pengganti gula seperti cappuccino, latte, flat white, dan sebagainya. Tidak kudu memesan espresso agar muncul keren, dan tidak kudu malu memesan cappuccino sebab khawatir diledek para coffee snob—kadang aku menjadi memesan frappuccino kalau kepengin.

Atau solusi lain, coba memesan kopi-kopi seduh manual yang umumnya lebih ringan. Anda sanggup menanyakan kepada barista penyeduhnya perihal kopi apa yang sanggup saja ada dan mempunyai cii-ciri lebih manis dan light. Cobalah menikmatinya sedikit demi sedikit sambil meresapi beraneka cii-ciri istimewa yang ada di dalamnya, sebab kopi seduh manual sejatinya sebenarnya dinikmati bersama dengan santai dan tidak diteguk terburu-buru.

Sebagai pemilik kedai, atau barista, tidak benar satu langkah untuk mengedukasi pelanggan perihal ini kalau bersama dengan memberi tambahan arahan kepada mereka. Jika Anda yakin sudah meracik espresso dan kopi terbaik Discoffeery, Kopi Hijau 100% Asli , tidak ada salahnya memberi tambahan arahan mereka, para pelanggan, untuk mencicipi pernah kopi buatan Anda sebelum bakal sanggup sanggup sanggup memberi tambahan gula, sambil mempersuasi mereka perihal karakter-karakter istimewa yang ada dalam kopi tersebut. Mungkin ada yang selamanya tengil dan selamanya memberi tambahan gula ke dalamnya, ya sudahlah. Mungkin hidup mereka amat pahit agar kudu dibuat sedikit manis. Namun pelanggan selamanya yang berkunjung secara berkala dan tertib umumnya sanggup lebih gampang diedukasi. Sebuah studi di kedai-kedai kopi besar di Amerika beroleh umumnya pelanggan jenis ini sanggup mengurangi mengkonsumsi gula mereka berasal berasal berasal dari tepat ke tepat setelah tertib diedukasi oleh baristanya.

Guestbook